Arsitektur dan Desain Kontemporer




Arsitektur kontemporer bukan satu pergerakan arsitektur, seperti dalam Baroque, Futurisme, atau Modernisme, yang tetap dihubungkan dengan periode riwayat tersendiri. Ini bermakna jika arsitektur kontemporer bisa tawarkan beberapa pilihan arsitektur, yang berdiri dengan sendiri serta tidak ikuti apa yang umumnya dikerjakan. Tetapi, jumlahnya macam yang terbentuk dari arsitektur kontemporer tidak meniadakan beberapa ciri umum yang ada dari arsitektur kontemporer. Perihal ini pula yang akan kita ulas saat ini.

Bentuk

Bisa kita lihat serta perhatikan jika faktor menguasai yang ada pada arsitektur ialah garis lurus. Arsitektur kontemporer condong menjauhi rutinitas ini dengan seringkali memakai garis melengkung jadi alternatifnya. Dalam contoh-contoh, satu bangunan ada yang semuanya direncanakan dengan garis lengkung. Dalam contoh lain, ada juga yang direncanakan dengan menyatukan garis melengkung serta garis lurus.

Formasi ruangan

Pemakaian garis lengkung sangat mungkin terciptanya bentuk ruangan lain tidak hanya kubus. Dalam arsitektur kontemporer, orang lihat bangunan berbentuk bundar. Waktu arsitektur kontemporer memakai garis lurus, akan terbentuk formasi ruangan yang lebih unik. Formasi ruangan ini sangat mungkin terciptanya ruangan interior yang lebih hidup dengan layout yang tidak biasa. Bila Anda suka pada suatu hal yang tidak biasa, arsitektur kontemporer ialah pilihan yang pas untuk Anda.

Material baru

Ciri lain dari arsitektur kontemporer ialah pemakaian material baru pada interior serta exterior. Beberapa bahan tradisionil seperti kaca, kayu, batu bata, serta logam lebih disenangi. Tanaman seringkali dipakai dalam arsitektur kontemporer, khususnya pada atap atau pada dinding.

Jendela

Jendela yang semakin besar serta lebih banyak pula adalah ciri arsitektur kontemporer. Jendela umumnya ditempatkan pada tempat yang unik. Bila Anda suka pada sinar alami serta benar-benar suka pada panorama, arsitektur kontemporer bisa jadi pilihan. Tetapi, bila Anda benar-benar memerhatikan privacy serta merencanakan untuk bangun rumah di perkotaan dimana ada tetangga di dekatnya, butuh dilihat tentang peletakan jendela.

Memerhatikan lingkungan

Ecohousing adalah karakter yang sering dipakai dalam arsitektur kontemporer. Banyak bangunan konvensional menggunakan komponen yang ramah lingkungan serta irit daya. Dalam konstruksi perumahan, arsitektur kontemporer mempunyai arah untuk mengintegrasikan rumah dengan alam sekelilingnya. Maksudnya tidak cuma membuat perlindungan lingkungan dari masalah, dan juga untuk memberikan tambahan ciri-ciri spesial pada rumah.

Animated Architecture

Karena tidak terdapatnya arti yang lebih baik, arsitektur animasi ialah nama yang diberi untuk karakter lain dari arsitektur kontemporer. Karakter itu diantaranya, yakni pencahayaan exterior bangunan yang hebat, prediksi fasad yang dapat berhubungan dengan orang melalui atau pemakai bangunan, serta air, seperti air mancur atau air terjun yang berwarna. Idenya untuk membuat bangunan berasa lebih hidup serta membuat sisi luarnya mempunyai faktor animasi.
Contoh Bangunan Kontemporer

Berikut contoh-contoh bangunan institusional serta komersial. Bangunan-bangunan ini dibuat dengan budget yang besar, mempunyai arah untuk membuat inspirasi arsitektur baru serta tunjukkan keunikan dari arsitektur kontemporer.


The Capital Gate Tower

Gedung ini terdapat di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. Bangunan berupa melingkar ini, mempunyai 34 lantai dengan kemiringan 18 derajat di tengahnya. Kemiringan ini jadikan the Capital Gate Tower jadi bangunan paling miring di dunia. Tatanan letak interior memberi kesan-kesan berlainan pada setiap ruang serta tidak ada kamar yang sama keduanya. Bangunan ini dibuat oleh perusahaan arsitektur Skotlandia RMJM.

The Auditorio de Tenerife

Auditorium ini mempunyai bentuk bundar serta kanopi melengkung yang menggantung. Kanopi di atasnya mempunyai bentuk bundar serta terlihat seperti menantang gravitasi. Auditorium ini terdapat di Santa Cruz de Tenerife, Spanyol. Bangunan ini dibuat oleh arsitek Spanyol, Santiago Calatrava.

Sydney Opera House

Bangunan yang mempunyai peranan jadi gedung opera ini mempunyai bentuk yang memperingatkan kita pada monitor kapal atau kulit kerang raksasa. Meskipun bangunan ini dibikin pada tahun 1973, susunan bangunan ini masih jadi referensi dari arsitektur kontemporer. Bangunan ini dibuat oleh satu orang arsitek Denmark bernama Jorn Utzon.

0 Response to " Arsitektur dan Desain Kontemporer "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel