Dampak Tidur Malam Di Ganti Dengan Tidur Siang



Sejumlah besar orang tentu pernah bergadang. Entahlah itu untuk memburu deadline kantor atau pekerjaan kuliah, ada acara keluarga, serta pekerjaan yang lain. Saat jam tidur tidak terpenuhi, banyak orang menggampangkan permasalahan ini, “Besok dapat tidur siang ini” atau “Besok lanjut tidur di bis saja cocok ke kantor”. Tetapi, apa bisa Anda malam bergadang serta membayar tidur yang kurang di siang hari semacam ini?

Bolehkah bayar utang tidur di siang hari sebab malam bergadang? Malam hari ialah waktu yang pas buat Anda untuk beristirahat. Pada istirahat berikut badan akan menyiapkan diri untuk kembali melakukan aktivitas di keesokan hari.

Tetapi, terdapatnya kegiatan tersendiri atau permasalahan kesehatan dapat mengganggu waktu tidur Anda. Misalnya, menyengaja tidak tidur untuk bergadang atau sulit tidur sebab insomnia.

Minimnya waktu tidur jelas dapat membuat Anda mengantuk esok harinya. Seringkali, mereka yang mempunyai kegatan pada pagi hari pilih akan ‘balas dendam’ tidur di siang hari. Jika tidak sangat mungkin Anda akan manfaatkan saat-saat tersendiri untuk tidur, seperti di perjalanan ke arah kantor.

Anda mungkin berpikir jika bergadang pada malam hari tidak jadi permasalahan sepanjang Anda dapat membayar kekurangan tidur di siang hari. Walau sebenarnya, sebetulnya aksi ini tidak disarankan.

Faktanya, membayar utang dengan langkah berikut sangat mungkin Anda tidur siang lebih lama. Walau sebenarnya, tidur siang lebih lama dapat membuat Anda kembali tidak dapat tidur malam harinya. Mengakibatkan, Anda akan tidur lebih larut serta mengantuk keesokannya. Makin lama, rutinitas ini dapat mengakibatkan kerusakan siklus tidur Anda.

Efek siklus tidur yang amburadul

Seringkali bergadang pada malam hari serta tidur di siang hari lebih lama, membuat siklus tidur Anda amburadul. Siklus yang kalut ini dapat membuat skema di badan Anda ikut juga terusik hingga memunculkan beberapa permasalahan, seperti susah berpikir jernih, susah konsentrasi, mengantuk, kesetimbangan badan terusik, serta terkadang bingung.

Semua dampak itu dapat turunkan produktivitas, serta tempatkan Anda pada bahaya, seperti kecelakaan saat menyetir kendaraan.

Menurut National Health Service, kurang tidur karena siklus tidur yang amburadul dalam periode panjang dapat tingkatkan efek penyakit akut, seperti obesitas, jantung, serta diabetes type 2.

Tenang saja, utang tidur dapat dibayar, kok

Meskipun Anda tidak dianjurkan untuk membayar utang tidur di siang hari, bukan bermakna lebih baik Anda biarkan utang tidur menumpuk demikian saja.

Utang tidur masih dapat Anda bayar secara aman, yakni perpanjang jam tidur pada malam hari.

Misalnya, jika Anda umumnya tidur jam 10 malam, tetapi hari itu Anda harus bergadang sampai jam 12 malam, berarti waktu tidur Anda menyusut 2 jam.

Esok malamnya, coba tidur 1 jam lebih dini serta bangun pada pukul yang sama dengan biasa. Selanjutnya, ulangilah sampai utang tidur Anda terbayar.

Tetapi, bagaimana dengan orang yang punyai utang tidur menumpuk? Utang tidur yang bukan lantaran bergadang, contohnya sebab permasalahan insomnia pada malam hari, tidak bisa dibiarkan menumpuk atau ditukar dengan tidur siang.

Langkah membayar utang tidur Anda pun masih sama dengan yang sudah diterangkan awalnya, yaitu tidur lebih dini serta bangun pagi di waktu yang sama. Kerjakan pembayaran utang tidur dengan mencicil, contohnya ini hari tidur malam 2 jam lebih dini serta esoknya juga demikian selanjutnya.

Dengan melatih diri tidur serta bangun pada pukul yang sama, siklus tidur Anda yang terusik dapat normal kembali. Anda mungkin perlu pertolongan dari dokter, psikolog, atau terapis untuk melakukan perbaikan kualitas tidur berkaitan insomnia.

Walau tidak bisa membayar utang tidur dengan tidur siang, bukan bermakna Anda benar-benar tidak diperbolehkan untuk tidur siang. Anda masih bisa tidur siang, baiknya cukup 20 menit pada saat Anda mengantuk atau kecapekan.

0 Response to "Dampak Tidur Malam Di Ganti Dengan Tidur Siang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel