Mengenal Triplek atau Kayu Lapis


Kayu lapis atau yang seringkali disebutkan dengan tripleks adalah semacam papan pabrikan yang terbagi dalam susunan kayu (veneer kayu) yang direkatkan dengan bersama. Triplek adalah salah satunya produk kayu yang seringkali dipakai sebab berbentuk fleksibel, murah, bisa dibuat, bisa didaur lagi, serta tidak mempunyai tehnik pengerjaan yang susah.

Susunan kayu lapis atau yang biasa disebutkan dengan veneer, direkatkan dengan pojok urat (grain) yang sesuai untuk membuat hasil yang lebih kuat. Umumnya susunan ini ditumpuk dalam jumlahnya yang ganjil untuk menahan berlangsungnya pembelokan (warping) serta bisa membuat konstruksi yang imbang. Susunan dalam jumlahnya genap bisa membuahkan papan yang tidak konstan serta gampang terdistorsi. Sekarang kayu lapis atau triplek sudah ada dalam beberapa ketebalan, dari mulai 0,8 mm sampai 25 mm dengan tingkat kualitas yang berlainan.

Jenis-Jenis Triplek

1. Particle Board

Particle board dibikin dengan cetak serpihan-serpihan kayu hingga membuat papan. Triplek type ini sebetulnya memiliki kualitas yang tidak bagus sebab rawan pada air serta daya dukungnya benar-benar rendah. Tetapi, particle board banyak dipakai jadi bahan baku furniture yang ekonomis.

2. Multiplek (Plywood)

Multiplek dibikin dari kulit kayu yang berlapis-lapis dan dipress memakai desakan yang tinggi sekali. Multiplek memiliki struktur yang rapat, kemampuan yang tinggi, serta tahan pada air. Bila dirawat secara baik, multiplek bisa bertahan sampai sampai beberapa puluh tahun.

3. Blockboard

Blockboard tersusun dari tiga susunan kayu yang dikombinasi jadi satu. Dua susunan luarnya mempunyai ketebalan yang lebih tipis dibandingkan satu susunan dalamnya dengan ukuran seputar 0,5-2 mm. Sisi dalam triplek ini biasanya dibuat dari kayu akasia serta meranti yang kompak hingga tidak bisa dilengkungkan.

4. Teakblock

Teakblock ialah lembaran papan kayu jati. Berlainan dengan kayu jati kompak, teakblock dibikin dari lembaran-lembaran kayu jati yang ditumpuk jadi satu kesatuan. Mengingat harga yang cukup mahal, teakblock umumnya cuma dipakai jadi bahan pelapis papan kayu. Tidak hanya memiliki kemampuan yang benar-benar bagus, teakblock unggul sebab mempunyai pilihan motif yang bermacam.

5. MDF (Medium Density Fiberboard)

MDF atau papan serat kayu adalah triplek hasil kombinasi dari serat kayu lunak serta serat kayu keras. Serat-serat kayu itu ditempelkan memakai lem atau lilin dan diciptakan di mesin dengan temperatur serta desakan yang super tinggi. Oleh karenanya, formasi pori-pori MDF tambah lebih baik dibandingkan particle board. MDF umumnya dipakai untuk pengerjaan furniture interior serta box loudspeaker.

6. Melaminto

Melaminto seringkali disebutkan sebagai decorative plywood. Ini karena melaminto seringkali digunakan untuk mempercantik penampilan satu papan kayu. Permukaan triplek ini umumnya dilapis dengan bahan polyester serta melamin yang membuat berwarna dan memiliki tekstur licin. Umumnya melaminto diproses jadi white board dan kitchen set.

Kelebihan dari Triplek
  • Triplek adalah produk olahan kayu yang pemakaiannya benar-benar praktis serta mudah dibuat dibanding beberapa produk semacam.
  • Triplek memiliki tingkat ketahanan yang tinggi pada penyusutan hingga bentuk serta ukurannya tidak mudah beralih.
  • Triplek ada dalam beberapa pilihan ukuran serta ketebalan yang lebih beragam hingga mempermudah kita dalam pilih yang paling pas.
  • Triplek mempunyai ketahanan yang tinggi pada pergantian cuaca yang ekstrim dan daya tekuk yang dipunyainya semakin bagus dibanding produk kayu yang lain.
  • Triplek memiliki susunan yang kuat hingga pas sekali dipakai untuk rangka penting pengerjaan furniture.
  • Triplek berbentuk anti air atau paling tidak lebih tahan pada air daripada beberapa jenis kayu lainnya karena terdapatnya susunan keras yang menyelubungi permukaannya (terkecuali MDF).
  • Triplek dibikin dengan ukuran yang presisi serta seragam, dan struktur pada susunan permukaannya juga benar-benar halus.

Kekurangan dari Triplek

  • Ketahanan yang dipunyai oleh triplek pada cuaca yang ekstrim dengan terus-terusan tidak kurang bagus dibanding kayu kompak.
  • Triplek tidak pas dipakai jadi bahan baku pengerjaan alat serta perlengkapan rumah tangga yang berbentuk outdoor.
  • Pengangkutan triplek dari tempat pembelian ke tempat pembuatan harus dikerjakan dengan berhati-hati mengingat ukuran ketebalannya yang tipis.
  • Terkadang diketemukan triplek yang memiliki permukaan kurang halus serta bergelombang.
  • Penyatuan beberapa lembaran triplek harus menggunakan paku tembak supaya hasilnya lebih optimal serta rapi.
  • Tingkat presisi pada bagian ketebalannya kurang bagus, terutamanya jika permukaan triplek telah bergelombang.
  • Diperlukan tingkat kecermatan yang tinggi untuk lakukan finishing pada triplek agar hasilnya seperti keinginan.

Langkah Menempatkan Plafon Triplek

  • Buat persiapan beberapa bahan yang akan dipakai seperti triplek, kayu rangka plafon, paku, cat, dan sebagainya.
  • Buat persiapan perlengkapan kerja seperti benang ukur, palu, gergaji, dan sebagainya.
  • Pertama, cek dulu apa dinding yang akan dipasang triplek telah betul-betul rapi serta siap untuk dipasang plafon triplek. Yakinkan atap rumah dalam keadaan aman dari kebocoran air hujan yang bisa mengakibatkan kerusakan plafon nanti.
  • Pakai benang serta selang air untuk mengukur kedataran tempat pemasangan plafon dan penentu batasan beberapa titik yang akan dipasang rangka plafon.
  • Mengatur pemasangan rangka plafon supaya sesuai ukuran triplek yang ada, dengan tempat rapi serta datar tidak bergelombang.
  • Pemasangan triplek dapat diawali sesudah rangka plafon usai serta betul-betul kuat.
  • Compound dikerjakan untuk tutup cacat kayu pada triplek atau pada nat.
  • Paling akhir cat plafon supaya plafon triplek yang sudah terpasang kelihatan rapi serta indah.

0 Response to " Mengenal Triplek atau Kayu Lapis "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel