3 Tips Memilih Oli Mesin Motor yang Tepat

3-Tips-Memilih-Oli-Mesin-Motor-yang-Tepat
Motor yang nyaman dikendarai tentu motor yang memiliki mesin halus dengan perpindahan gigi mulus. Apabila suaranya cukup kasar dengan perpindahan gigi yang keras, maka sudah bisa dipastikan motor Anda butuh servis. Salah satu bentuk perawatan motor yang kerap kali bersinggungan dengan perpindahan gigi dan suara mesin adalah oli. Lalu, bagaimana tips memilih oli mesin yang baik? Yuk, simak saja ulasannya di website motor satu ini!

Fungsi Oli untuk Motor
Sebelum membahas tentang tips memilih oli, dalam website motor kali ini Anda juga perlu mengenal fungsi dari oli itu sendiri. Adapun fungsi utamanya adalah untuk mengurangi gesekan antar komponen yang bekerja di mesin motor. Dengan adanya oli, gesekan-gesekan yang terjadi tidak akan cepat membuat mesin aus, kotor, dan panas. Sebaliknya, mesin akan dingin dan berada pada suhu normalnya.

Tidak hanya itu saja, oli juga berguna untuk mengurangi kebocoran kompresi. Selain itu, oli juga berguna untuk meredam getaran dan meredam suara bising piston. Terakhir, oli juga bisa untuk mencegah karat yang dapat timbul pada mesin.

Tips Memilih Oli Motor yang Baik
Motor yang sudah menunjukkan gejala harus ganti oli memang perlu diservis. Pasalnya, oli yang tidak diganti dapat menyebabkan kerusakan komponen antar mesin dan biaya perawatan yang kelak harus dikeluarkan akan lebih mahal lagi. Namun memilih oli mesin juga perlu tips-tips khusus agar tidak salah. Nah, berikut ini ada beberapa tipsnya, yaitu :
  1. Pilih Sesuai Karakteristik Mesin
Memilih oli yang baik tentu harus sesuai dengan karakter mesin Anda. Hal ini selain untuk menjaga keawetan mesin, juga untuk menyesuaikan kekentalan oli dengan karakter mesin Anda.
  1. Lihat Kode
Selain menyesuaikan motor, Anda juga harus melihat kekentalan oli itu sendiri dari kode yang tercantum di kemasannya. Biasanya, kode yang sering terlihat adalah kode SAE 10w – 40, SAE 15w – 50, dan lain sebagainya.
  1. Lihat dari Oli Pabrikan Motor
Tidak hanya melihat kode saja, Anda juga bisa melihat dari oli asli pabrikan motor. Misalnya saja untuk pabrikan oli dari Yamaha, kode yang tertera ada contohnya Yamalube SAE 10w – 40. Jadi kedepannya, Anda harus mengganti oli dengan kode yang sama.
Demikian uraian tentang tips memilih oli dalam website motor kali ini. Semoga berguna!

0 Response to "3 Tips Memilih Oli Mesin Motor yang Tepat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel