Apakah Vaksin MR Diperlukan Kepada Anak Yang Sudah Mendapatkan Vaksin MMR


Ada beberapa penyakit infeksi menyebar yang dapat dikarenakan oleh virus, dua salah satunya terhitung campak (measles) serta campak jerman (rubella). Walau mempunyai nama yang sama, tetapi campak serta campak jerman adalah dua penyakit yang berlainan. Langkah untuk menahan berlangsungnya penyakit ini yaitu dengan memberi imunisasi MMR atau MR pada anak. Lalu, apa pemberian vaksin MR harus dikerjakan bila anak pernah diimunisasi MMR awalnya?

Apa vaksin MMR serta MR itu sama?

Penting untuk tahu hal fundamental sekitar vaksin MMR serta MR terlebih dulu, sebelum Anda bergerak selanjutnya untuk cari tahu tentang pemberian vaksin MR sesudah vaksin MMR.

Vaksin MMR ialah imunisasi yang bertindak untuk menahan serta membuat perlindungan badan supaya tidak diserang 3 penyakit. Mencakup campak (Measles), gondongan (Mumps), serta campak jerman (Rubella).

Sedang vaksin MR adalah gabungan dari vaksin campak (Measles) serta campak jerman (Rubella). Pada intinya, vaksin MR sebetulnya masuk jadi sisi dari vaksin MMR.

Seperti yang dapat Anda lihat, ketidaksamaan ke-2 vaksin itu cuma terdapat pada penambahan vaksin gondongan (mumps) yang tidak ada di vaksin MR. Berdasar keterangan dari situs Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), pemerintah sekarang sedang benar-benar mengutamakan pengaturan penyakit campak serta campak jerman.

Ini karena penyakit gondongan (mumps) telah sedikit diketemukan di Indonesia. Berlainan dengan penyakit campak serta campak jerman yang kasusnya masih lumayan banyak didapati pada beberapa anak.

Serta, campak biasa serta campak jerman beresiko memunculkan komplikasi yang cukup berat. Tidak tutup peluang dapat meneror nyawa anak jika telah termasuk kronis.

Berikut kenapa sekarang pemberian vaksin MR lebih “populer”, serta sedang santer digalakkan oleh pemerintah untuk diberi pada beberapa anak. Sesaat vaksin gondongan (mumps), sudah dipisah dari vaksin campak serta campak jerman.

Pada umur berapakah anak memperoleh vaksin MR serta MMR?

Pemerintah pernah membuat kampanye imunisasi massal jadi bentuk usaha untuk memutuskan penyebaran virus campak serta campak jerman. Selama saat kampanye imunisasi ini, imunisasi MR diberi untuk semua anak dari mulai umur 9 bulan sampai kurang dari 15 tahun.

Ini tidak dikerjakan tanpa ada lihat atau memperhitungkan kisah imunisasi yang pernah didapat anak. Agenda pemberian imunisasi berdasar MR IDAI 2017 ialah anak berumur 9 bulan, 18 bulan, serta kelas 1 SD atau yang sederajat. Sedang agenda pemberian MMR ialah 15 bulan serta diulangi pada umur 5 tahun.

Vaksin MR ini dapat disebutkan sudah gantikan vaksin campak.

Bila disaksikan selintas, nama vaksin MR serta vaksin MMR terlihat seperti dengan cuma berlainan satu huruf. Akhirnya, ini mungkin membuat Anda bertanya-tanya: apa anak harus diberi vaksin MR sesudah pernah memperoleh vaksin MMR awalnya?

Ya, saat kehadiran vaksin MMR dirubah jadi vaksin MR oleh pemerintah, mungkin memang memunculkan pertanyaan yang sama pada tiap orangtua.

Seperti yang sudah disinggung awalnya, Kementerian Kesehatan RI dalam launching kampanye imunisasi masal mengatakan jika vaksin MR dapat diberi pada tiap anak. Lepas dari anak itu pernah memperoleh imunisasi apapun awalnya.

Berdasar keterangan dari IDAI, anak bisa memperoleh vaksin MMR pada umur 15-18 bulan dengan jeda 6 bulan dari imunisasi MR (campak) awalnya. Bila anak sudah memperoleh vaksin MMR di umur 15 bulan, tak perlu memperoleh vaksin MR di umur 18 bulan.

Bila anak sudah memperoleh vaksin MMR di umur 12-18 bulan, serta pemberian vaksin MMR diulangi di umur 6 taun, berarti vaksin MR tak perlu diberi .

Sedang jika pemberian vaksin MMR pernah didapat anak pada umur 12-18 bulan tetapi tidak diulangi di umur 6 tahun, anak dapat memperoleh vaksin MR setiap saat. Kesimpulannya, vaksin MMR, atau vaksin MR dapat diberi 2 kali.

Tidak butuh kuatir, sebab ini aman. Maksudnya yaitu untuk pastikan badan anak sudah kebal seutuhnya pada penyakit campak biasa (measles) serta campak jerman (rubella).

0 Response to "Apakah Vaksin MR Diperlukan Kepada Anak Yang Sudah Mendapatkan Vaksin MMR"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel