Pengelolaan Wisata Mandiri Sayang Kaak Ciamis Makin Cantik dan Ciamik

Pengelolaan-Wisata-Mandiri-Sayang-Kaak-Ciamis-Makin-Cantik-dan-Ciamik
Wisata Mandiri Sayang Kaak Ciamis semakin berbenah untuk menjadi destinasi yang menarik dikunjungi. Penataan dan pengembangan tempat wisata terus dilakukan oleh pengelolaan Wana Wisata Mandiri Sayang Kaak, mulai dari pengembangan fisik untuk membuatnya lebih cantik dan nyaman dikunjungi, hingga pengembangan manajemen wisata misalnya berupa promosi agar destinasi ini lebih banyak dikenal kalangan luas.

Wisata Mandiri Sayang Kaak Ciamis Senantiasa Berbenah
Destinasi wisata yang terletak di Kecamatan Cijeungjing, tepatnya di daerah Handapherang ini sejatinya berwujud area pepohonan rindang. Berada pada bagian atas bantaran Sungai Citanduy, tempat ini bisa digunakan untuk bersantai sambil menikmati udara segar dan tenangnya nuansa alam yang asri. Dengan ditambahkannya beberapa inovasi di Mandiri Sayang Kaak ini, diharapkan bisa menarik lebih banyak wisatawan.
  • Beberapa Inovasi untuk Mandiri Sayang Kaak
Pembenahan terus dilakukan agar Wisata Mandiri Sayang Kaak Ciamis semakin indah dan nyaman. Setelah sebelumnya pihak pengelola menambahkan spot foto selfie di beberapa titik, kini akan dikembangkan sejumlah area hijau bagi pengunjung, Pihak pengelola juga telah menambahkan spot jembatan kaca yang eksotis dan bisa menjadi sasaran berfoto selfie.

Ketua Pengelola Mandiri Sayang Kaak Ciamis, Taufan Nugraha, menyampaikan bahwa pihaknya akan terus menciptakan inovasi demi menjadikan destinasi wisata ini tetap nomor satu di hati para pengunjung. Dengan menambahkan hal-hal baru yang disukai oleh wisatawan, akan semakin banyak yang tertarik untuk mengunjungi destinasi satu ini.
  • Tujuan Penataan Kawasan Wisata
Taufan juga menyatakan kepada harapanrakyat.com, bahwa penataan dan pengembangan tempat wisata tersebut juga sebagai bentuk dukungan terhadap gerakan #AyoWisatadiCiamis yang digagas oleh pemerintah daerah setempat. Semakin inovatif suatu tempat wisata, maka potensi dan peluang untuk mendatangkan wisatawan dari luar akan semakin besar.

Saat ini pihak pengelola Sayang Kaak tengah mengupayakan penataan lahan mahoni yang berada di sebelah barat lokasi wisata. Lahan mahoni yang tepatnya berdekatan dengan area parkir kendaraan tersebut akan sangat cocok untuk dijadikan tempat makan pengunjung, termasuk bisa juga berfungsi sebagai camping ground.

Menurut pernyataan Taufan, selain menawarkan keteduhan, tempat di bawah pohon mahoni tersebut juga sangat nyaman dijadikan tempat beristirahat. Oleh karena itu dipasang beberapa tempat tidur gantung atau hammock.

Hammock tersebut nantinya akan dikaitkan di antara pepohonan mahoni, sehingga pengunjung yang singgah di destinasi ini bisa menikmati waktu bersantai sambil tiduran di hammock. Istirahat di tempat tidur gantung sembari merasakan udara segar akan menjadi kegiatan refreshing yang menyenangkan.
  • Pengelolaan Tempat Wisata Mandiri Sayang Kaak
Wisata Mandiri Sayang Kaak Ciamis biasanya ramai dikunjungi wisatawan ketika akhir pekan atau weekend. Bahkan tidak jarang jumlah pengunjung yang hadir hingga membludak. Oleh karena itu, penting melakukan pengembangan dan pengelolaan tempat wisata secara optimal dengan harapan semakin banyak pengunjung yang tertarik.

Taufan menuturkan bahwa sebenarnya lahan yang dimiliki wisata Mandiri Sayang Kaak total ada sekitar tiga hektar. Hanya saja masih belum dimaksimalkan secara keseluruhan, karena baru dilakukan pengembangan secara bertahap.

Pengelolaan wisata meliputi pengelolaan fisik dan manajemen promosi. Pengelolaan fiisk berkaitan dengan memperindah tampilan tempat wisata sekaligus menambahkan fasilitas-fasilitas yang dibutuhkan oleh pengunjung.

Selain pengelolaan fisik, manajemen promosi juga menjadi hal penting yang perlu diperhatikan. Sebagus apapun suatu tempat wisata, jika tidak dipromosikan secara baik maka tidak akan wisatawan yang mengenalnya. Oleh sebab itu, promosi juga menjadi bagian pengelolaan yang sangat urgent.
  • Harga Tiket Masuk Wisata Mandiri Sayang Kaak
Secara lebih lanjut, Taufan menyebutkan bahwa saat ini harga tiket masuk menuju Wisata Mandiri Sayang Kaak Ciamis hanya Rp 7.000 untuk tiap orang, berlaku hari Senin hingga Sabtu. Sementara pada hari Minggu, harga tiket naik menjadi Rp 10.000.

Harga tiket yang ditetapkan tersebut sudah termasuk asuransi dan pajak daerah. Dengan harga tiket yang sangat terjangkau, wisatawan bisa mengeksplorasi berbagai spot foto menarik yang disediakan di tempat tersebut, kecuali jembatan kaca diberlakukan pembayaran lagi karena pengelolanya berbeda.

Penggalakan tempat wisata kini digencarkan oleh pemerintah. Hal ini karena sektor pariwisata merupakan salah satu penyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang bisa jadi sangat menjanjikan jika pengelolaannya tepat. Selain itu, pariwisata juga bertujuan untuk memperkenalkan suatu daerah beserta ciri khas dan karakteristiknya. Kecamatan Cijeungjing yang menawan bisa sekaligus dipromosikan melalui Wisata Mandiri Sayang Kaak Ciamis.

0 Response to "Pengelolaan Wisata Mandiri Sayang Kaak Ciamis Makin Cantik dan Ciamik"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel