Ketahui gejala penyakit asam lambung

Sumbergambar:bandungkita.id
Penyakit asam lambung terjadi dikarenakan saat asam lambung naik , dinding kerongkongan dan mulut dapat mengalami iritasi . gejala yang biasa terjado adalah rasa asam dibagian belakang mulut dan sensai terbakar didada atau heartburn . kedua gejala ini dapat bertambah para saat penderita berbaring atau membungkuk serta terjadi terutama pada saat setelah makan . dilansir dari alodokter selain rasa asam dibelakang mulut dan heartburn , penyakit asam lambung atau GERD yang ditandai dengan  perasaan ada yang mengganjal dikerongkongan terutama saat menelan , bau mulut atau halitosis , batuk kronis tanpa dahak atau terutama dimalam hari , mual dan muntah , sakit tenggorokan yang tidak kunjung hilang dan sakit saat menelan dan seeirng bersendawa dan suara menajdi serak .

gejala penyakit asam lambung ini naik atau refluks asam lambung lebih sering terjadi dimalam hari sehingga menimbulkan gangguan tidur dan penyakit GERD juga dapat mencetuskan gejala asma dan dapat mengakibatkan peradangan pada saluran pita suara atau laringitis . anda dianjurlan untuk periksa ke dokter jika gejala asam lambung naik terjadi secara terus menerus dan tidak kunjung membaik . pemeriksaan juga diperlukan jika mengalami muntah dalam jumlah banyak terlebih dari bila muntah yang mengandung banyak darah . bila anda mengalami nyeri dada yang menjalar ke rahang dan lengan disertai sesak napas dan keringat dingin , segera pergi ke Igd rumah sakit terdekat . gejala tersebut bisa menandakan terjadinya serangan jantung .

Penyakit asam lambung mempunyai resiko oebsitas . berkonsultasi dengan dokter gizi untuk mendapatkan pola makan yang sehat guna menurunkan berat badan dan ibu hamil yang juga sedang mengalami asam lambung naik dengan berkonsultasi ke dokter kandungan . dengan mengosumsi makanan dalam jumlah banyak , makanan yang sulit cerna atau makanan yang meningkatkan produksi asam lambung seperti makanan yang berlemak , pedas dan asam . bagaimana proses penyebab penyakit asam lambung ? Penyakit asam lambung disebabkan oleh melemahnya otot bagian bawah kerongkongan atau lower esophageal sphincter atau LES . Pada penderita GERD , otot LES melemah sehingga menimbulkan tidak dapat menutup . akibatnya isi lambung dan asam lambun naik kekerongkongan . otot bagian bawah kerongkongan ini berbentuk seperti cincin yang dpat membuka atau menutup saluran kerongkongan .

Pada saat makan , otot LES akan mengendur sehingga makanan dapat masuk dari kerongkongan ke dalam lambung , otot LES akan menegang dan menutup . dilansir dari Alodokter ada beberapa kondisi yang bisa menyebabkan otot LES melemah , yaitu : kehamilan , usia lanjut , obesitas , gastroparesis yaitu melemahnya otot dinding lambung sehingga pengosongan lambung melambat , scleroerma yaitu atau penyakit pada bagian jaringan ikat , dan  hernia hiatus yaitu masuknya bagian lambung ke rongga dada. Penyakit asam lambung ini juga terjadi pada bayi , asam lambung naik atau refluks asam lambung biasnaya akan terjadi dikarenakan otot LES masih dalam pertumbhan sehingga dapat sembuh sendiri seiring pertumbuhan anak. Itulah penyebab beserta gejala gejala yang harus kalian ketahui dan hindari supaya tidak terkena penyakit asalm lambung .dan penyakit asam lambung jika bisa diatasi dengan cara merubah pola hidup dan gaya hidup , dengan jalan operasi dan mengonsumsi obat obatan .

0 Response to "Ketahui gejala penyakit asam lambung"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel