3 Kunci Utama Pencegahan Kebakaran di Area Pertambangan


Kebakaran merupakan salah satu potensi kecelakaan paling umum di area pertambangan, sehingga penggunaan sistem pemadam kebakaran seperti fire suppression system Fluidcon sangatlah penting. Namun, meskipun Anda sudah berusaha mengantisipasi kebakaran dengan sistem tersebut, bukan berarti Anda siap menghadapi kebakaran kan? Sebab, pasti tetap ada kerugian yang terjadi saat peristiwa ini terjadi, belum lagi dengan risiko adanya korban jiwa.

Agar hal tersebut tidak terjadi, berikut ini adalah beberapa hal yang bisa dilakukan:

1. Analisa Risiko

Area pertambangan merupakan salah satu lokasi yang berpotesi tinggi mengalami kebakaran. Tidak hanya itu, karena akses keluar masuknya yang sulit, pada saat musibah ini terjadi kemungkinan besar akan ada banyak korban jiwa. Melakukan analisa risiko secara berkala dapat mengurangi kemungkinan terjadinya musibah ini. Beberapa hal yang dapat dilakukan dalam analisa ini adalah:
  • Apa saja potensi kebakaran yang mungkin terjadi? 
  • Tipe kebakaran yang mungkin terjadi? 
  • Bagaimana dampaknya pada keamanan dan kesehatan saat kebakaran terjadi?
Dengan mengetahui jawaban atas berbagai pertanyaan di atas, Anda jadi bisa lebih mudah mencegah risiko kebakaran.

2. Manfaatkan fire suppression system

Fire suppression system dapat bekerja secara otomatis pada saat teridentifikasi adanya potensi kebakaran. Dengan menerapkan sistem ini, sumber api dapat segera diatasi sebelum menjadi kebakaran besar. Selain itu, ada baiknya Anda juga menyediakan alat pemadam api ringan (APAR) atau fire extinguisher di area tertentu dengan tingkat risiko kebakaran paling tinggi. Dengan adanya alat tersebut, maka sumber api yang muncul dapat segera diatasi oleh para pekerja sebelum semakin besar.

3. Lakukan pelatihan dan inspeksi

Berikan pelatihan pada semua karyawan, tanpa terkecuali, mengenai risiko kebakaran, cara mengatasi, dan juga penyelamatan diri. Anda juga harus secara rutin melakukan inspeksi pada area pertambangan untuk memastikan bahwa tidak ada hal yang dapat memicu munculnya api pada ruang kerja (area pertambangan). Pastikan semua alat yang digunakan berfungsi dengan normal karena terkadang masalah pada alat yang digunakan bisa menjadi pemicu kebakaran.

Selain 3 hal tersebut, Anda sebagai pemilik usaha juga harus sangat memerhatikan keselamatan semua karyawan dengan mempermudah akses jalur evakuasi ketika hal ini terjadi. Semoga bermanfaat!

0 Response to "3 Kunci Utama Pencegahan Kebakaran di Area Pertambangan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel