Memahami Definisi Dan Objek Dari Ppn Dengan Bukukas


PPN istilah yang sering anda dengar tapi belum tentu anda memahaminya secara detail. Biasanya anda akan melihat ppn pada struk pembayaran. Jika anda pelaku usaha maka perlu mengetahui tentang jenis-jenis pajak yang harus dibayar. Berapa jumlah yang harus dibayarkan, bagaimana perhitungan tarifnya dan masih banyak lagi.

PPN atau disebut juga Pajak Pertambahan Nilai yang merupakan salah satu jenis banyak yang pelaku usaha penting untuk diketahui. Untuk lebih jelasnya mengenai PPN silahkan baca pada paragraf selanjutnya.

Definisi PPN

PPN adalah pungutan yang diperuntukkan bagi wajib pajak pribadi ataupun pengusaha kena pajak atas transaksi jual beli jasa atau barang yang telah dilakukan. Jadi yang memiliki kewajiban menyetor, memungut dan melaporkan PPN adalah para pengusaha yang sudah menjadi PKP (Pengusaha Kena Pajak).

PKP wajib melakukan penyetoran PPN pada negara sesuai dengan perundang -undangan mulai 1 juli 2016. Pkp yang ada di Indonesia wajib untuk membuat faktur pajak elektronik atau e-faktur agar terhindar dari penerbitan faktur pajak fiktif. Konsumen sebagai pelaku pembayaran PPN ini besar tarifnya akan terlihat di struk pembayaran.

Objek dari PPN

  • Impor barang yang kena pajak
  • Penyerahan barang kena pajak dan jasa kena pajak
  • Ekspor Barang kena pajak baik berwujud maupun tidak
  • Pemanfaatan jasa kena pajak
  • Penyerahan aktiva sesuai dengan tujuan semula tidak untuk dijual belikan.
  • Kegitaan pembangunan sendiri bangun an yang memiliki lebih satu 200 meter persegi.
  • Pemanfaatan barang kena pajak

Pelaku PKP (Pengusaha Kena Pajak)

PKP adalah pihak yang menunggu konsumen untuk membayar ppn ketika pembelian yang kemudian PKP akan menyerahkan kepada negara. Setiap akhir bukan adalah dedline penywtoran PPN.

Perlu anda ketahui juga kalau tidak semua pedagang atau pengusaha secara otomatis termasuk PKP. Masuk atau tidaknya anda sebagai PKP tergantung dari nilai transaksi. Pengusaha tergolong sebagai PKP jika penghasilan penjualan yang didapatkan melampaui jumlah 4,8 miliar dalam setahun.

Perhitungan PPN mudah dengan aplikasi Bukukas

Jika ternyata usaha yang anda jalankan termasuk dalam PKP maka anda termasuk perusahaan yang wajib menyetorkan PPN kepada negara. Nah untuk memudahkan anda dalam menghitung pajak dan juga PPN anda perlu perhitungan yang detail. Aplikasi BukuKas jni dapat melakukan perhitungan secara otomatis.

Pembukuan, Laporan keuangan dan transaksi lainnya saat dihitung dengan mudah menggunakan aplikasi BukuKas. Anda akan terhindar dari namanya perhitungan manual yang kemungkinan besar ada angka perhitungan yang terselip. BukuKas ini sudah banyak menggunakan bahkan lebih dari 1 juta pelaku UMKM.

Bagaimana dengan anda sebagai pelaku usaha? Apakah masih ragu untuk bermitra dengan Bukukas. Anda dapat melakukan Pembukuan berbagai laporan seperti bulanan harian ataupun mingguan. Terdapat manfaat yang bisa anda dapatkan juga dengan menggunakan bukukas, diantaranya yaitu

  • Hemat waktu
  • Tambah untung
  • Mudahnya pencatatan dan menagih hutang 3 kali jauh lebih efektif
  • Perhitungan otomatis
  • Arus kas bisnis lancar terkendali

Sudah mengenal Ppn beserta objeknya dari penjelasan sebelumnya bukan. Jadi tidak semua perusahaan tergolong pihak penyetor ppn hanya perusahaan yang memenuhi syarat saja. Nah untuk memudahkan perhitungan ppn anda bisa menggunakan aplikasi Bukukas seperti yang dijelaskan sebelumnya.

0 Response to "Memahami Definisi Dan Objek Dari Ppn Dengan Bukukas"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel