5 Makanan Untuk Maag Kambuh Yang Wajib Anda Tahu

Foto : Canva.com pro

Untuk orang penderita penyakit maag memang tidak bisa asal-asalan dalam mengkonsumsi dan memilih menu makanan. Hal itu dikarenakan ada beberapa makanan yang harus dihindari agar
tidak menjadi penyebab maag kambuh.

Pemilihan makanan yang tepat untuk penderita maag dapat memberikan dampak positif terhadap pencernaan dan kesehatan. Berikut beberapa makanan untuk maag kambuh yang wajib anda tahu.

5 Makanan Untuk Penderita Maag

1. Yogurt

Menambah yogurt ke dalam menu makanan diyakini mampu mengatasi penyakit maag. Yogurt menjadi salah satu makanan untuk penderita maag yang aman dikonsumsi karena mengandung probiotik untuk menghilangkan H Pylori dalam tubuh. Sebanyak 86 persen responden dalam sebuah penelitian yang mengkonsumsi yogurt memperlihatkan adanya keberhasilan dalam menghilangkan bakteri H Pylori, dibanding dengan 71 persen yang tidak mengkonsumsinya.

Yogurt mengandung bakteri baik yang dapat meningkatkan kemampuan tubuh dalam melawan bakteri dalam perut. Jika anda rutin mengkonsumsi yogurt setidaknya 4 kali dalam seminggu maka anda tidak akan mudah terkena penyakit maag. Selain yogurt, ada beberapa makanan lainnya yang mengandung probiotik seperti kombucha, kimchi, dan juga kefir yang bisa menjadi pilihan untuk dikonsumsi.

2. Sereal Dan Gandum

Sereal dan gandum juga bisa menjadi pilihan menu makanan untuk maag kambuh karena sangat aman dikonsumsi oleh penderita maag. Kedua jenis makanan tersebut tidak akan memperparah kondisi dan gejala penyakit maag di dalam perut. Terutama sereal yang berserat tinggi dan tidak diproses, seperti beras merah, oatmeal dan quinoa yang bisa membantu proses buang air besar menjadi teratur.

3. Brokoli

Dalam sayur brokoli terdapat kandungan zat kimia yang bernama sulforaphane atau yang biasa dikenal memiliki efek anti bakteri. Selain itu, sayuran satu ini juga dilengkapi dengan zat-zat anti-kanker. Zat kimia yang terdapat pada brokoli mampu mengalahkan bakteri H Pylori agar penyakit maag tidak menyerang lagi. Selain itu, brokoli juga bisa menjaga tubuh agar terhindar dari penyakit kanker lambung.

Hal ini ditegaskan dengan penelitian dari jurnal Cancer Prevention Research di tahun 2009 yang mengatakan bahwa rutin mengkonsumsi satu cangkir brokoliatau kecambah setiaphari selama 8 minggu dapat menghilangkan infeksi dan peradangan pada lambung. Oleh karena itu brokoli sangat disarankan agar dijadikan menu makanan untuk maag kambuh.

4. Daging Sapi, Ikan, Dan Ayam

Daging sapi tanpa lemak, ayam tanpa kulit dan ikan dianggap aman untuk dikonsumsi oleh penderita maag. Kandungan yang terdapat dalam beberapa jenis makanan tersebut dipercaya dapat membantu dalam proses penyembuhan maag. Namun perlu diingat, utamakan untuk mengonsumsi makanan yang rendah lemak. Selain itu, daging yang tidak digoreng sangat dianjurkan untuk dikonsumsi.

5. Buah Pisang

Kandungan asam yang rendah dan serat tinggi yang terdapat dalam pisang menjadikan buah satu ini cocok untuk dikonsumsi oleh penderita maag. Teksturnya juga dapat dengan mudah dicerna oleh lambung dan memberi perlindungan pada kerongkongan yang mengalami iritasi ketika maag kambuh. Hal itu dikarenakan pisang memiliki segudang zat gizi penting yang baik untuk tubuh.

Dengan makan satu buah pisang, Anda akan mendapatkan sekitar 109 kalori energi, 0,8 protein, 0,5 gr lemak, 26,3 gr karbohidrat, 5,7 gr serat, vitamin serta mineral. Perlu anda ketahui bahwa pisang ambon memiliki kadar asam yang cukup tinggi, sehingga bagi penderita maag disarankan untuk mengonsumsi pisang biasa saja.

Buah pisang identik dengan tekstur lumat dan mudah dikunyah ini merupakan salah satu pilihan makanan yang sehat untuk penderita sakit maag. Gerard seorang gastroenterologi asal Amerika juga mengungkapkan hal yang sama. Menurutnya, pisang memiliki kandungan asam yang rendah sehingga sangat baik dijadikan makanan untuk maag kambuh.

Tak hanya itu saja, tekstur pisang yang lumat juga dipercaya mampu meredakan gejala maag dengan cara memberikan lapisan pelindung pada esofagus yang mengalami iritasi. Bahkan berkat kandungan seratnya yang tinggi, makanan untuk orang yang sakit maag ini juga bisa membantu menangkal gangguan pencernaan pada perut dan membantu melancarkan BAB.

Itulah beberapa jenis makanan yang baik untuk dikonsumsi oleh penderita maag. Disarankan untuk mengonsumsi makanan tersebut dengan sering dan dalam porsi yang sedikit, agar perut tidak kosong yang dapat menyebabkan iritasi. Untuk mendapatkan hasil yang optimal dan tubuh lebih sehat, maka imbangi konsumsi variasi makanan diatas dengan gaya hidup yang sehat juga.

0 Response to "5 Makanan Untuk Maag Kambuh Yang Wajib Anda Tahu"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel