4 Kategori Barang yang Boleh Dikirim ke Luar Negeri

4 Kategori Barang yang Boleh Dikirim ke Luar Negeri

Setiap negara mengeluarkan aturan dan kebijakan seputar barang-barang dari luar negeri untuk masuk ke negaranya. Setiap negara memiliki aturan atau pun kebijakan yang berbeda. Umumnya tidak berbeda jauh dengan Indonesia karena negara kita juga mengikuti standar pengiriman barang antar negara. Selain bertanya langsung pada pihak jasa ekspor barang atau pihak layanan pengiriman, ada beberapa kategori barang yang umumnya tidak diperbolehkan masuk sebagian besar negara di dunia.

Mengapa penting untuk mengetahui ini? Tentunya selain menghindari kerugian yang diterima oleh kedua pihak yaitu pengirim dan penerima, mengikuti peraturan juga akan meminimalisir risiko Anda terkena masalah hukum. 

Barang-Barang yang Boleh Diekspor 

Di bawah ini beberapa kategori barang yang diperbolehkan untuk diekspor ke luar negeri, yaitu: 

1. Makanan dan Minuman 

Produk makanan dan minuman diperbolehkan asalkan memiliki keterangan yang jelas. Apa itu keterangan jelas? Makanan dan minuman yang dikemas dengan aman, tersegel rapi, dan terdapat keterangan mengenai komposisi hingga keterangan nomor izin seperti terdaftar di BPOM negara. 

Ini alasan mengapa produk homemade atau yang kita masak sendiri sering dibuang atau dilarang masuk ke negara tersebut saat kita berada di imigrasi. Sebab produk home made umumnya tidak memiliki keterangan jelas, sehingga dianggap tidak aman. 

2. Pakaian dan Aksesoris 

Kemudian selain makanan minuman, produk pakaian dan aksesorisnya pun diperbolehkan. Biasanya dipatok dengan berat atau ukuran paketnya. Selain itu juga dilihat dari nilai barangnya. Bila pakaian atau aksesoris tersebut terdaftar dengan harga di atas batas bebas pajak, maka akan dikenakan pajak sesuai besar nilai barang tersebut.

Hal ini yang menjadi alasan mengapa harga suatu produk bisa berbeda jauh ketika sudah sampai di suatu negara, dibandingkan besar harga di negara asalnya. Maka untuk mempermudah proses pengiriman produk seperti ini lebih baik andalkan jasa ekspor barang dengan harga terjangkau. 

3. Perlengkapan Rumah Tangga

Kategori lainnya ialah perlengkapan rumah tangga seperti alat-alat masak, peralatan dapur, peralatan di kamar, dan semacamnya. Terpenting bukan alat tajam atau alat yang mudah rusak, hingga rentan terbakar atau meledak. Karena bila ingin mengirim perlengkapan rumah tangga yang tajam akan berbeda lagi izin pengirimannya. Begitu pun peralatan yang bisa rusak dan menyebabkan masalah bila terkena suhu panas atau tekanan. 

4. Produk Kosmetik dan Perawatan Kulit

Produk kosmetik dan produk skincare pun diperbolehkan untuk diekspor dengan memenuhi syarat, serta ketentuan yang berlaku. Biasanya selain dilihat dari nilai barang, sama seperti makanan minuman, kosmetik dan produk perawatan kulit wajib memiliki izin edar resmi dari negara asal. Contohnya dari BPOM Indonesia.

Jauh lebih memudahkan jika meminta bantuan jasa ekspor barang untuk mempercepat proses pengiriman. Selain itu bisa diandalkan dalam meminimalisir segala risiko kegiatan ekspor ke luar negeri.

0 Response to "4 Kategori Barang yang Boleh Dikirim ke Luar Negeri"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel